Tanggung Jawab Pemimpin Pujian dan Ibadah Juga Bisa Menjadi Keistimewaan!

Menjadi pemimpin pujian dan penyembahan adalah salah satu hak istimewa terbesar di gereja modern. Di seluruh dunia, para pemimpin pujian dan penyembahan memegang tanggung jawab besar atas cara pelayanan gereja mengalir, dan dapat bertanggung jawab atas saat-saat pujian dan penyembahan yang luar biasa di dalam jemaat, mengatur adegan agar Firman Tuhan benar-benar melayani dan menantang hati. Tentu, ini adalah tantangan dan banyak kerja keras, tetapi kita tidak boleh melupakan hak istimewa yang luar biasa yang kita miliki sebagai pemimpin pujian dan penyembahan untuk mempengaruhi gerakan Roh Kudus dalam kehidupan orang lain.

Namun tanggung jawab seorang pemimpin pujian dan penyembahan jauh melampaui apa yang terjadi dalam kebaktian gereja. Anda memiliki hak istimewa tambahan untuk mengelola orang (yang bisa lebih merupakan beban daripada hak istimewa), memilih lagu dan menyusun pasang surut lagu-lagu ini dalam layanan, yang bagi saya agak seperti menyatukan lukisan yang indah. Saya tahu bahwa, bagi saya sendiri serta banyak pemimpin pujian dan penyembahan yang saya kenal, perasaan puas ketika pekerjaan telah dilakukan dengan baik dan Pendeta berkhotbah dengan penuh kuasa adalah luar biasa.

Namun pria dan wanita menjadi pemimpin pujian dan penyembahan dalam banyak keadaan, dan untuk banyak alasan, jadi saya ingin mengambil beberapa saat untuk menginspirasi Anda saat Anda pindah ke posisi ini. Anda mungkin selalu ingin melakukan ini, atau Anda mungkin memiliki pekerjaan “secara default” karena tampaknya tidak ada orang lain yang memenuhi syarat untuk menjadi pemimpin pujian dan penyembahan. Banyak yang melihat menjadi pemimpin pujian dan penyembahan sebagai salah satu batu loncatan untuk menjadi seorang pendeta, hanya sebagai sarana untuk mencapai tujuan (dan ini umumnya alasan yang paling menyedihkan). Apa pun kisah Anda, mengapa tidak berhenti dan mempertimbangkan beberapa hak istimewa menjadi pemimpin pujian dan penyembahan:

1. Anda adalah bagian dari kebaktian gereja dan apa yang Tuhan lakukan hari itu. Anda berbagi dalam berkat dan kepuasan melihat Dia bergerak

2. Anda dapat mengatur orang dan mengeluarkan yang terbaik dari mereka dalam musik dan lagu. Anda dapat mendorong atau menegur. Singkatnya, Anda adalah pemimpin sejati!

3. Anda dapat mengambil serangkaian lagu dan membuat permadani suara dan musik yang indah.

4. Anda bisa bermain dan bernyanyi di depan penonton setiap minggu. Kebanyakan musisi dan penyanyi tidak pernah mendapatkan hak istimewa ini dan tidak dapat melakukan ini secara teratur.

5. Anda dapat melayani Pendeta dan juga mempengaruhi perkembangan pelayanan di bawah arahannya.

6. Anda dapat belajar bagaimana mendengar dan baca surat Yasin mengikuti pimpinan Roh Kudus dalam penyembahan. Setelah waktu yang singkat Anda dapat merasakan kapan harus mendorong, kapan harus melanjutkan dan apa yang Tuhan lakukan di hati orang-orang.

7. Anda dapat belajar bagaimana membaca audiens dan membimbing mereka ke dalam penyembahan yang lebih dalam.

8. Anda dengan cepat menjadi bagian dari tim kepemimpinan dan memiliki hak istimewa untuk berhubungan langsung dengan Pendeta saat Anda melayaninya.

9. Anda dengan cepat mendapatkan rasa hormat dari orang lain di gereja. Seorang pemimpin pujian umumnya sangat dikagumi, tetapi dengan ini muncul tanggung jawab untuk berperilaku dengan cara yang rendah hati dan saleh!